Dewasa ini bermunculan berbagai macam jenis dan merk sepatu (Wikipedia: Sepatu) dengan keunikannya masing-masing, salah satu jenisnya adalah sepatu handmade. Para produsen/penjual sepatu handmade Indonesia pun tidak mau ketinggalan untuk memproduksinya.

Jual Sepatu Handmade
Sepatu Handmade Indonesia

Salah satu jenis sepatu yang perlu kita perhitungkan nilainya adalah sepatu handmade yang mengusung keunikan dari cara pembuatannya yang tanpa menggunakan mesin seperti sepatu kebanyakan lainnya. Sepatu handmade buatan Indonesia kualitasnya mampu bersaing dengan produk luar. Penjual sepatu handmade Indonesia kini mulai banyak bermunculan.

Sepatu handmade adalah sepatu yang tentu saja proses pembuatannya secara manual, yaitu menggunakan tangan langsung. Terdapat banyak keunggulan pada jenis sepatu yang dibuat secara manual ini. Salah satunya adalah dari segi keteletian.

Karena dibuat secara langsung menggunakan tangan, bukan dengan mesin, sepatu handmade sangat memperhatikan unsur-unsur detail dalam pembuatannya.

Tidak mau kalah dengan sepatu jenis lainnya yang proses pembuatannya lebih praktis dengan menggunakan mesin, kualitas sepatu handmade pun dapat menyaingi kompetitor-kompetitornya yang pembuatannya menggunakan mesin tersebut.

Mengingat tidak ada yang sempurna di dunia ini karena kesempuraan hanya milik yang Maha Kuasa, sepatu handmade pun sama dengan kebanyakan benda di dunia ini, belum sempurna. Ya, selain memiliki keunggulan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sepatu handmade pun memiliki kekurangan, salah satu contohnya yakni proses pembuatannya cenderung lama, karena sepatu handmade tidak menggunakan alat/mesin.

Jual Sepatu HandmadeTerlepas dari kekurangan tersebut, sepatu handmade masih menjadi salah satu pilihan favorit bagi para konsumen sepatu. Mereka kini tidak hanya mementingkan sebuah sepatu itu bermerk atau tidak, tetapi juga mempertimbangkan dari kenyamanan sepatu tersebut saat digunakan. Sepatu handmade adalah salah satu sepatu yang sangat nyaman saat digunakan.

(Penting untuk diketahui: Ini merupakan artikel uji coba optimasi (seo) yang sedang penulis pelajari. Fakta-fakta yang dikemukakan, kebenarannya belum dapat dibuktikan sepenuhnya)

Ingin lebih jauh memahami sepatu handmade? Mari kita lanjutkan.

Industri sepatu handmade

Persaingan industri di bidang sepatu kini mulai mengisyaratkan betapa ketatnya persaingan di industri tersebut. Indonesia sendiri kini banyak bermunculan para produsen yang mulai melirik industri ini. Jenis sepatu handmade Indonesia pun mulai banyak produsen yang tertarik terjun ke dalamnya dan mencoba untuk menekuninya.

Indonesia merupakan pasar yang baik dan sangat menjanjikan. Tidak heran jika banyak ditemui berbagai macam merk sepatu yang terkenal, atau biasa kita sebut “branded” mulai membentangkan sayapnya di pasar Indonesia, menjual sepatu terkenal mereka di Indonesia. Mereka memiliki visi bahwa industri sepatu di Indonesia ke depannya akan sangat mengutungkan. Atau tidak perlu memprediksi ke depannya seperti apa, sekarang pun sudah nampak betapa sangat menggiurkannya industri sepatu ini di Indonesia.

Lantas bagaimana dengan sepatu handmade?

Tentu saja jenis sepatu yang satu ini pun menjadi bahan pertimbangan para produsen karena semakin banyaknya konsumen yang menyukai sepatu buatan tangan langsung tersebut.

Sepatu handmade memang dalam pembuatannya memakan waktu yang cukup lama dibanding sepatu pada umumnya, tetapi karena proses yang lama tersebut sepatu handmade sangat diperhatikan detailnya dan jarang dijumpai cacat produksi seperti yang biasa terjadi ketika kita menggunakan mesin.

Jika menggunakan mesin terdapat dua kemungkinan kesalahan yang terjadi, yaitu machine error dan human error. Sedangkan pada sepatu handmade hanya dijumpai satu kemungkinan kesalahan, yaitu hanya human error.

Sepatu handmade tahan lama?

Setiap produsen sepatu handmade memiliki standarnya masing-masing, mereka punya ketentuan dan kriteria-kriteria terhadap sepatu yang mereka buat. Karena setiap produsen mempunyai resep berbeda terhadap produk yang dibuatnya, tentu kualitas produknya pun berbeda-beda.

Kita tidak bisa men-generalisasi bahwa sepatu handmade yang dibuat salah satu produsen sama dengan produsen lainnya. Bisa saja produsen lain memiliki standar yang lebih tinggi terhadap produknya sehingga kualitas produknya pun juga tinggi. Ini berimbas pada seberapa tahan lamanya sepatu handmade yang mereka buat dapat bertahan.

Membeli sepatu handmade yang berkualitas baik

Dalam berbalanja sepatu handmade, kita pasti tidak ingin membeli sepatu yang ternyata barang dipakai seminggu sudah rusak. Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam membeli sepatu handmade, diantanya.
  • Pastikan kita telah mengenal, atau minimal tahu tentang produsen sepatu handmade yang akan kita beli
  • Lihat testimoni yang tersedia mengenai kualitas produk dan pelayanan sang penjual sepatu handmade (jika tidak tersedia lebih baik menghubungi penjual secara pribadi dan tanyakan sedetail-detailnya mengenai produk yang mereka tawarkan
  • Pastikan kontak (data) mengenai sang penjual lengkap
  • Pahami menganai paparan yang—jika tersedia—dijelaskan oleh sang penjual sepatu handmade mengenai produknya. Setelah itu tanyakan jika terdapat hal-hal yang belum dimengerti
  • Belanjalah pada penjual yang ramah dan kredibel
  • Kontaklah penjual secara pribadi, dan analisa mengenai mereka, apakah ramah, responsif dan penyabar, atau tidak terhadap pertanyaan-pertanyaan yang kita tanyakan


Sepatu handmade indonesia atau luar?

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian dari kita barangkali akan lebih merasa bangga jika menggunakan produk buatan luar negeri, apalagi yang branded. Saya pikir itulah salah satu kekurangan bangsa ini, yaitu kurang menghargai produk dalam negeri.

Jika saja kita—bangsa Indonesia—sangat menghargai produk lokal pasti pedagang dan produsen lokal pun akan sejahtera dan bahagia. Dengan begitu, para produsen akan senang dalam bereksperimen dalam menciptakan sesuatu yang baru karena mereka tidak khawatir terhadap pasar.
Sepatu Handmade Indonesia tidak kalah dari segi kualitas dengan sepatu luar.
Jika disuruh memilih antara sepatu handmade Indonesia atau luar, saya tentu saja menyarankan untuk memilih sepatu handamade buatan Indonesia. Kualitas produk kita pun tidak kalah kok dengan produk-produk luar yang branded itu.

Dengan memilih sepatu handamade buatan lokal, kita telah ikut membantu menyejahterakan bangsa kita karena uang yang kita pergunakan untuk membeli sepatu handmade tersebut tidak akan lari ke pihak asing, tetapi masih berputar di negeri kita—saudara sebangsa kita yang menerimanya.

Penutup

Kesimpulan yang dapat teman-teman blog http://hs-blogging.blogspot.com/ dan saya ambil mengenai sepatu handmade adalah bahwa kita tidak perlu kuatir mengenai kualitas sepatu handmade karena sekalipun dibuat manual menggunakan tangan-tangan kreatif, tetap saja para pembuatnya tidak akan melupakan kualitas dan estetika dari produk sepatu handmade yang mereka buat.

Jika kita ingin membeli sepatu dan ada yang menawarkan untuk membeli sepatu handmade, tidak usah ragu beli saja asal kita mengetahui dengan jelas identitas sang penjual sepatu handmade dan rekam jejaknya selama berjual sepatu handmadenya itu. Dan yang tidak kalah penting, yaitu kualitas dari sepatu handmade yang mereka tawarkan.

Fungsi utama sepatu adalah untuk melindungi kaki kita dari segala macam ancaman berupa benda tajam yang dapat melukai kaki kita. Jadi dalam memilih/menggunakan sepatu kita jangan hanya memperhatikan keindahannya saja, tetapi unsur safetynya pun perlu kita cermati.

Akan menjadi sia-sia apabila kita mempunya sepatu mahal branded dan memiliki keindahan yang membuat semua orang iri karena ingin memilikinya, tetapi dalam penggunaannya kaki kita malah terluka karena keamanan dari sepatu tersebut buruk. Alih-alih menjadikan kita lebih bergengsi (memiliki nilai lebih), justru gengsi (malu) yang kita dapatkan.

Lantas selanjutnya kerugianlah yang akan kita dapatkan. Kita perlu selektif dalam memilih sepatu, terlepas dari sepatu tersebut sepatu handmade atau bukan, kita perlu teliti dalam memilihnya. Semoga kita menjadi konsumen yang cerdas, tidak mudah tertipu dengan tampilan luar sepatu yang terlihat menggoda untuk kita beli, tetapi buruk dari segi keamanannya. Mengutip pepatah lama, “jangan menilai buku dari sampulnya.” Pepatah tersebut memang memiliki kebenaran, tapi tidak sepenuhnya benar karena pada dasarnya kita memang selalu menilai sesuatu dari luarnya dahulu, karena itu merupakan salah satu indikator paling mudah yang dapat kita gunakan dalam meniai sesuatu.

Faktor kejelian kita dalam memilih sepatu yang baik—sepatu handmade maupun bukan—dan nyaman untuk kita gunakan sangat berpengaruh.

Lalu, apakah Anda tertarik untuk mulai 'mencicipi' membeli produk sepatu dari penjual sepatu handmade Indoneisa? Tidak ada salahnya bukan, untuk mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top